Rabu, 20 November 2013

Selingan : Edisi #Bloombergway

#BloombergWay adalah panduan jurnalistik kelompok media Bloomberg di AS yg di yg ditulis Matthew Winkler, pemimpin redaksi Bloomberg News.


Berikut ini 10 prinsip #BloombergWay

1. Bukan berita jika tak benar. Akurasi adalah prinsip terpenting dlm jurnalisme. #BloombergWay

2. Berita bukan komoditas. Sebab setiap berita itu unik. Wartawan membuatnya kian menarik, dg tetap setia kpd fakta. #BloombergWay

3. Kata2mu a/ wajah & karaktermu. Standar tinggi pd diksi, ketat dlm verifikasi #BloombergWay

4. Tunjukkan, bukan katakan. Pake kata benda & kerja, hindari kata sifat. Backup narasi & opini dg fakta, gambar, anekdot. #BloombergWay

5. Berita sbg kejutan. Apa yg kita tau hr ini, tak kita tau kmrn. Susun fakta dg jawaban atas pertanyaan paling penting. #BloombergWay

6. Tokoh. Makin terkenal tokoh berita, kian luas pembacanya. Org suka membaca/dengar ttg cerita org lain--pelaku or korban. #BloombergWay

7. Kembangkan terus setiap berita. Sebab setiap berita selalu menyimpan banyak cabang cerita. #BloombergWay

8. Follow the money. Ungkap makna di balik fakta. #BloombergWay

9. Satu cerita untuk semua. Menulis dg gaya yg enak dibaca shg setiap orang mudah mencernanya. Tak dangkal, tak menggurui. #BloombergWay

10. Cek ricek. Menyiapkan liputan dan tulisan dg akurat akan menghasilkan opini dan berita yg dibutuhkan pembaca. #BloombergWay


Demikianlah #BloombergWay. Baru prinsipnya. Ada 4 bab lg ttg detil menulis dan edit. Kurang lebihnya mohon maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar