#BloombergWay adalah panduan jurnalistik kelompok media Bloomberg di AS yg di yg ditulis Matthew Winkler, pemimpin redaksi Bloomberg News.
Berikut ini 10 prinsip #BloombergWay
1. Bukan berita jika tak benar. Akurasi adalah prinsip terpenting dlm jurnalisme. #BloombergWay
2. Berita bukan komoditas. Sebab setiap berita itu unik. Wartawan membuatnya kian menarik, dg tetap setia kpd fakta. #BloombergWay
3. Kata2mu a/ wajah & karaktermu. Standar tinggi pd diksi, ketat dlm verifikasi #BloombergWay
4. Tunjukkan, bukan katakan. Pake kata benda & kerja, hindari kata sifat. Backup narasi & opini dg fakta, gambar, anekdot. #BloombergWay
5. Berita sbg kejutan. Apa yg kita tau hr ini, tak kita tau kmrn. Susun fakta dg jawaban atas pertanyaan paling penting. #BloombergWay
6. Tokoh. Makin terkenal tokoh berita, kian luas pembacanya. Org suka membaca/dengar ttg cerita org lain--pelaku or korban. #BloombergWay
7. Kembangkan terus setiap berita. Sebab setiap berita selalu menyimpan banyak cabang cerita. #BloombergWay
8. Follow the money. Ungkap makna di balik fakta. #BloombergWay
9. Satu cerita untuk semua. Menulis dg gaya yg enak dibaca shg setiap orang mudah mencernanya. Tak dangkal, tak menggurui. #BloombergWay
10. Cek ricek. Menyiapkan liputan dan tulisan dg akurat akan menghasilkan opini dan berita yg dibutuhkan pembaca. #BloombergWay
Demikianlah #BloombergWay. Baru prinsipnya. Ada 4 bab lg ttg detil menulis dan edit. Kurang lebihnya mohon maaf.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar